Chat with us, powered by LiveChat Seni Ayam Cebol - Seputar Sabong Sv388
Seni Ayam Cebol

Seni Ayam Cebol

Apa itu ayam serama ?

Ayam Serama Ayam Terkecil di Dunia, Intip Sejarahnya Yuk – Spesies Ayam Cebol (serama) adalah salah satu ayam hias yang memiliki postur yang pendek, kecil, dan dadanya membusung. Ayam ini adalah ayam terkecil di dunia atau dikenal dengan nama “The Smallest Bantam Chicken” atau ayam kate terkecil di dunia.

Serama memiliki bentuk yang mirip dengan ayam kate, bedanya kalau ayam ini posturnya lebih kecil dan dadanya membusung. Ukuran ayam serama dewasa hanya satu lebih kepalan tangan orang dewasa, dan tingginya satu hanya satu kilan (jari jempol-jari kelingking) orang dewasa. Bobot ayam serama jantan hanya sekitar 350gr, sedangkan ayam serama  betina sekitar 300gr dengan tinggi rata-rata 15cm.

Kemiripan Ayam Serama dengan Ayam Kate

Banyak yang mengatakan bahwa ayam serama ini mirip dengan ayam kate. Memang benar ayam serama adalah termasuk golongan ayam kate. Perbedaan ayam serama dan ayam kate yaitu :

  1. Ayam kate
    Memiliki bentuk badan yang lebih besar, dadanya lurus dan tidak menonjol.
  2. Ayam serama
    Memiliki bentuk badan yang lebih kecil dan dadanya sedikit terangkat atau membusung serta sayapnya bisa jatuh lurus kebawah.

    Penampilan dan Ciri Fisik Ayam Serama

    Penampilan ayam serama sangat memikat, lihat saja dari gambar diatas. Sekilas memang seperti ayam kate biasa, namun ketika berdiri tegak, dada tampak membusung, sayap tegak lurus, kepala tegak, bahkan melengkung ke belakang menyentuh ekor yang sedang mengembang keatas dan lurus. Seolah-olah ayam ini adalah pemberani, siap mengalahkan lawan-lawannya.

    Keelokan ayam serama terletak pada penampilan yang anggun dan gagah bak satria. Ayam Serama sehat biasanya ditandai dengan gerakan lincah. Anatomi ayam perlu disimak teliti. Jengger dan pial tidak boleh cacat dan warna harus ada warna merah. Matanya jernih dan bersinar. Bulu mengkilap dan berminyak. Kaki pun bersih dan tidak cacat. Beberapa patokan memilih perlu diketahui antara lain asal-usul, ciri fisik, dan umur.

    Bagaimana tertarik untuk memelihara ayam cebol???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *